Wednesday 18 June 2008

Obama Berencana Kunjungi Irak dan Afghanistan



Barack Obama mengungkapkan rencananya untuk melakukan kunjungan ke Irak dan Afghanistan. Lawatan itu akan dilakukan sebelum pemilihan presiden AS digelar November 2008 mendatang.

“Kami akan membuat pengumuman soal itu tapi seperti yang sudah saya katakan, saya tertarik untuk mengunjungi Irak dan Afghanistan sebelum pemilihan,” kata Obama seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (17/6/2008).

Obama sebelumnya pernah diejek rivalnya, John McCain dari Partai Republik karena baru sekali berkunjung ke Irak pada Januari 2006 lalu. Sedangkan McCain telah 8 kali pergi ke negeri itu.

Namun menurut Obama, kancah perang melawan teror yang sebenarnya adalah di Afghanistan. dikatakan Obama, keterlibatan AS di Irak merupakan bencana diplomatik dan finansial.

Obama mencetuskan, daripada menghabiskan ratusan miliar dolar untuk perang Irak, alangkah baiknya jika dana itu diinvestasikan untuk inovasi dan pembangunan. Apalagi saat ini kebanyakan warga AS tengah dipusingkan dengan keadaan ekonomi yang lesu.

“Bukannya menjangkau horizon baru, Presiden George Bush malah memasukkan kita ke lubang, dan kebijakan John McCain akan terus membuat kita berada di lubang itu,” kata Obama dalam pidatonya di Michigan, AS.

Sumber: plinplan

No comments: